Jumat, 24 Februari 2012

Katekyo Hitman Reborn !

 Dari Kiri: Reborn, Hibari, Gokudera, Tsuna, Yamamoto, Ryohei.

Saya hari ini akan menginfokan tentang manga yang juga diliriskan sebagai anime.
Katekyo Hitman Reborn! atau Reborn! adalah manga yang dikarang oleh Amano Akira yang diterbitkan Shueisha serta animenya dikeluarkan studio Artland yang disutradarai Kenichi Imaizumi. Ceritanya bermula dari Sawada Tsunayoshi yang biasa dipanggil Tsuna adalah siswa SMP Namimori yang payah dalam segala hal seperti belajar ataupun oahraga. Dia dijuluki Dame Tsuna ( No-Good Tsuna ). Lalu ia mendapatkan Home Tutor yang bernama Reborn dari Italia seorang hitman yang bersosok seorang bayi yang merupakan anggota dari mafia,Vongola Family (nama blog-ku diambil dari nama keluarga mafia ini). Reborn melatih Tsuna untuk menjadi Vongola ke-10/X ( Vongola Decimo/Juudaime). Tsuna termasuk kandidat penerus Vongola family bersama Xansus, anak Vongola IX(Kyudaime). Ia tidak percaya dan menolak mati-matian namun, dengan kekuatan yang jauh melebihi Tsuna, Reborn tetap mendidik Tsuna, Tsuna dididik dibawah bimbingan Reborn dengan Pasrah. Tsuna mempelajari segala sesuatu yang perlu diketahuinya sebagai mafia, termasuk Shinukidan (Dying Will Bullet) dan Shinuki no Honoo (Dying Will Flame) yang merupakan kekuatan yang hanya dimiliki anggota keturunan Vongola secara turun temurun. Sepanjang jalannya cerita, meskipun masih menolak terlibat dengan mafia, Tsuna tanpa sepengetahuannya mulai tumbuh menjadi kuat dan percaya diri yang membuatnya jauh lebih cocok untuk menjadi pemimpin Vongola. Dia juga membangun persahabatan dengan beberapa orang. 
 Animenya tamat di episode 203 dan 1 OVA. Untuk Manga masih tetap berlanjut, sambungandari anime di manga ada di chapter 283 sehabis dari masa depan.

Tsuna melewati berbagai rintangan dan cobaan dalam jalannya menjadi pemimpin Vongola termasuk melawan mafia kriminal yang menyamar sebagain murid SMP Kokuyo. Lalu Varia, pasukan pembunuh Vongola yang di pimpin oleh Xanxus, anak angkat Vongola IX yang mengincar kedudukan penerus keluarga Vongola dan menjalankan kompetisi untuk menentukannya. Untuk mengalahkan Varia, Reborn merekrut sebagian teman sekelas Tsuna untuk menjadi Guardian-nya: Gokudera Hayato, expert dinamit yang ingin menjadi tangan kanan Tsuna, Yamamoto Takeshi, yang berpikir mafia hanyalah sebuah permainan, Sasagawa Ryohei, kapten klub boxing Namimori yang enerjik, Hibari Kyoya, ketua komite kedisiplinan SMP Namimori, Lambo, mafia cengeng dari keluarga Bovino dan Chrome Dokuro, perempuan yang mempunyai hubungan fisik dan mental dengan kriminal Rokudo Mukuro juga bergabung. Setelah mengalahkan Varia, Tsuna dan teman-temannya dikirim ke masa depan dan harus menghadapi keluarga Millefiore, rival Vongola yang berusaha untuk menghancurkan Vongola. Mereka mengetahui bahwa seluruh Arcobaleno kecuali  penerus Arcobaleno Sun Uni dan Reborn masa lalu telah di bunuh dan untuk merubah masa depan, mereka harus mengalahkan pemimpin keluarga Millefiore, Byakuran yang memiliki kekuatan untuk berkomunikasi dengan dirinya di dunia parallel lainnya.

Lanjutan untuk yang manga, Tsuna harus mengikuti upacara pngangkatan Tsuna menjadi Vongola X yang resmi. Namun upacara tersebut terhenti akibat keluarga Shimon yang merupakan keluarga mafia kecilyang tidak terkenal.  Pemimpin Vongola Primo (I) dan Shimon I, Vongola Giotto dan Shimon Cozart merupakan sahabat, dan Vongola Primo dituduh yang membunuh Shimon Cozart. Shimon membuat Yamamoto terluka parah dan menculik Chrome.  Semua cincin Vongola hancur. Tetapi, seorang pria tua bernama Talbot datang dan merekonstruksi cincin-cincin Vongola menjadi Vongola Gear. Tsuna bersama dengan Guardian yang tersisa pergi ke tempat persembunyian Shimon dan di sanalah mereka harus melawan Shimon dengan kebanggaan mereka sebagai taruhannya. Sebagai gantinya, siapapun yang dianggap kalah akan di penjara dalam penjara air Vindice (sebagai penegak hukum di mafia) seumur hidup. Tiap menang dan kalah dalam pertempuran tersebut, akan diberikan kunci yang menunjukkan masa lalu Shimon Cozart dan Vongola Giotto. Sementara pertempuran berlanjut, diketahui Daemon Spade, salah satu Guardian keluarga Vongola pertama, adalah orang yang meculik Chrome dan dalang di balik pertempuran antara kedua keluarga tersebut dengan agenda tersendiri.

Setelah pertarungan melawan Daemon Spade berakhir, Arcobaleno mengalami mimpi yang sama dimana mereka didatangi oleh pria bertopi besi, Checker Face, yang ternyata tidak lain adalah orang yang bertanggung jawab mengumpulkan Arcobaleno dan mengubah mereka menjadi bayi dengan 'Niji no Noroi' (Curse of the Rainbow). Dalam mimpi tersebut, Checker Face menawarkan jalan kepada Arcobaleno untuk bebas dari kutukan mereka dengan menjalankan pertarungan royal dimana para Arcobaleno harus memilih orang-orang untuk bertarung mewakili mereka, dan Arcobaleno yang wakil-wakilnya berhasil bertahan hingga akhir akan terbebas dari kutukan yang mengikat mereka.


TOKOH 
Vongola Family

Sawada Tsunayoshi ( Vongola X dan pemegang cincin vongola sky)


Sawada Tsunayoshi atau Tsuna, adalah tokoh utama cerita berumur 14 tahun. Dia merupakan keturunan dari pemimpin pertama keluarga Vongola, keluarga Mafia terkuat diseluruh pelosok Italia, Vongola Primo, Giotto. Karena ketidakmampuannya baik dalam hal pelajaran sekolah maupun olah raga, dia mendapat julukan "Dame-Tsuna" (No-Good Tsuna) oleh seluruh siswa di sekolahnya, SMP Namimori. Setelah diinformasikan bahwa dia adalah keturunan keluarga Vongola Pertama dan meninggalnya kandidat-kandidat Vongola yang lain, dia dilatih untuk menjadi pemimpin Vongola kesepuluh oleh hitman ternama, Reborn. Dalam sebagian besar cerita, Tsuna menolak untuk menjadi pemimpin Vongola atau berhubungan dengan Mafia dan semacamnya, namun, setelah melewati berbagai macam konflik yang menjerumuskan dirinya dan teman-temannya, kekuatannya meningkat dan ia sendiri pun mulai menerima takdirnya. Saat bertarung, Tsuna menggunakan Hihandan (Criticism Bullet) yang mampu membuatnya memasuki Hyper Dying Will Mode, keadaan yang melepaskan seluruh limiter dalam tubuh Tsuna dan melepaskan seluruh potensial bertarung Tsuna baik fisik maupun mental. Sama seperti Vongola Primo, senjata utama dan andalan Tsuna adalah sepasang gloves yang disebut X-Gloves. 


Reborn ( Arcobaleno Sun)

Reborn adalah Arcobaleno dan pemegang Pacifier Arcobaleno berwarna kuning berelemen Hare (Sun). Reborn merupakan hitman dari keluarga Vongola dan orang kepercayaan Vongola XI. Die menjadi pelatih Tsuna untuk menjadikan murid-nya itu menjadi pemimpin Vongola kesepuluh. Dia sering menembak Tsuna dengan peluru spesial, Shinuki Dan (Dying Will Bullet) untuk meningkatkan kapabilitas murid-nya tersebut. Karena bukan anggota resmi Vongola dan hanya berstatus sebagai guru Tsuna, dia tidak diperbolehkan untuk turun tangan langsung dalam pertarungan Tsuna dan hanya boleh mengamati, kecuali jika dia diserang, di diperbolehkan untuk membela diri. Dia selalu ditemani oleh rekannya, Leon, bunglon hijau yang bisa berubah bentuk menjadi senjata untuk Reborn. Dalam situasi apapun, Reborn selalu tenang dan berwajah datar sebisa mungkin. Dia punya hobi aneh menyamar menjadi "orang lain", yang hanya bisa dikenali oleh Tsuna, Dino, dan Hibari.

Gokudera Hayato (Vongola guardian Strom)

Gokudera Hayato, adalah murid pindahan dikelas Tsuna yang ternyata adalah mafia bersenjatakan dinamit dan menyandang julukan "Smoking Bomb Hayato" atau "Hurricane Bomb Hayato". Awalnya, dia datang ke Jepang untuk menguji Tsuna apakah dia pantas menjadi pemimpin Vongola. Tapi, setelah nyawanya diselamatkan Tsuna, dia langsung menjadi setia pada Tsuna dan menyatakan dirinya sebagai tangan kanan-nya. Sifatnya yang tidak sabaran dan kasar membuatnya sering terlibat dalam perkelahian dan mengancam setiap orang yang dia rasa terlalu dekat dan tidak sopan pada Tsuna. Dibalik sifatnya, Gokudera adalah anak jenius, berhasil menyelesaikan seluruh pelajarannya dengan nilai sempurna.

Yamamoto Takeshi (Vongola guardian rain)

Yamamoto Takeshi, adalah bintang pemain baseball SMP Namimori. Meskipun bersifat ceria dan optimis, Yamamoto sebenarnya tidak punya rasa percaya diri dalam hal apapun selain baseball. Bahkan berniat bunuh diri setelah tangannya cedera berat. Setelah Tsuna menenangkannya, mereka menjadi teman dekat, dan Reborn mencoba merekrutnya untuk menjadi keluarga Tsuna. Karena sifatnya yang terbilang naif, dia tidak pernah menghadapi apapun dengan serius dan bahkan mengira bahwa Mafia hanyalah permainan yang diatur Reborn. Meskipun telah menjadi anggota Vongola berkaliber tinggi dan loyal, dengan kemampuannya dalam berpedang yang membuatnya menyandang julukan "Sword Emperor", ia masih belum mengerti secara sempurna dengan Mafia disekitarnya.

Lambo (Vongola guardian Lighting)

Lambo, adalah hitman berumur 5 tahun dari keluarga Bovino yang datang ke Jepang untuk membunuh Reborn demi membuktikan boss-nya bahwa dia bisa menjadi pemimpin Bovino berikutnya. Meskipun seorang hitman, umurnya yang masih muda membuatnya cengeng dan tidak dewasa, yang membuat Tsuna dan lainnya sering merasa terganggu. Senjata yang paling sering digunakannya adalah granat dan 10-Year-Bazooka yang dapat menukar dirinya sendiri dengan dirinya pada masa depan selama lima menit. Lambo yang berumur 15 tahun jauh lebih kuat, tapi masih cengeng dan hampir tidak ada bedanya dengan dirinya yang masih muda.

Sasagawa Ryohei ( Vongola guardian Sun)

Sasagawa Ryohei, adalah kapten klub tinju SMP Namimori. Dia punya kebiasaan mengajak siapapun yang dia anggap pantas untuk masuk kedalam klubnya, terutama Tsuna. Karena sering berpikiran pendek dan enerjik, dia selalu ikut dalam berbagai aktivitas Tsuna dan lainnya tanpa mempedulikan detil-detilnya dan tidak sepenuhnya mengerti tentang mafia. Tapi, dia tetap berjuang untuk melindungi teman-temannya dan bertarung dengan semangat dan percaya diri seperti lainnya. Karena telah berlatih tinju selama bertahun-tahun, die memliki fisik dan stamina yang paling tinggi diantara keluarga Tsuna. Dia punya kebiasaan mengucapkan "Kyokugen" (to the extreme) dalam setiap kalimatnya.

HIbari Kyoya (Vongola guardian cloud)

Hibari Kyoya, adalah ketua komite kedisiplinan SMP Namimori, yang anggotanya adalah preman-preman yang setia padanya, meskipun yang bersangkutan tidak terlalu peduli. Meskipun selalu bicara dengan nada yang tenang, Hibari merupakan petarung yang tangguh tapi keras dan maniak bertarung dengan bersenjatakan tonfa sebagai senjata utamanya. Meskipun selalu menggunakan status-nya untuk mepermalukan dan menakuti lainnya, ia memiliki kebanggaan besar terhadap sekolah-nya dan lembut pada binatang kecil dan anak-anak dibawah umur seperti I-Pin. Tidak hanya murid, dia juga ditakuti oleh guru-guru dan seluruh penduduk Namimori dan beberapa penduduk kota lainnya karena ia telah menyebarkan pengaruhnya keseluruh pelosok kota. Dia senang sendiri, dan akan menghajar siapa saja yang ia pikir ber-ramai-ramai.

Rokudo Mukuro (Vongola guardian Mist)

Rokudo Mukuro, adalah kriminal yang berhasil kabur dari sebuah penjara di Itali yang mengurung sebagian besar penjahat-penjahat berbahaya. Ia, dan dua anak buah-nya datang ke Jepang dan mengambil alih SMP Kokuyo dan menciptakan Kokuyo Gang, yang beranggotakan kriminal-kirminal mafia. Pencipta ilusi dan ahli tingkat tinggi dalam Mind Control, ia berniat membalas dendam pada Mafia dengan merasuki tubuh Tsuna dan memulai perang Mafia. Setelah rencananya digagalkan oleh Tsuna dan teman-temannya, Mukuro dipenjara dalam penjara air Vendice. Akan tetapi, setelah merasuki tubuh Chrome Dokuro, dia menjadi tokoh suportif untuk Tsuna dan teman-temannya, meskipun dia masih menyatakan sudah bukan mafia lagi dan lebih memilih untuk menjauhi aktivitas mafia dan yang berhubungan dengan itu.

Chrome Dokuro (Vongola guardian Mist)

Chrome Dokuro, adalah gadis berumur 13 tahun yang bernama asli Nagi. Mukuro menggunakan-nya sebagai wadah setelah menyelamatkan nyawanya dalam kecelakaan lalu lintas dengan menciptakan organ ilusi untuk menggantikan organnya yang hilang dari kecelakaan tersebut. Bersama dengan Mukuro, dia menjadi Mist Guardian dan anggota keluarga Tsuna. Karena bersatu tubuh dengan Mukuro, Chrome dapat menggunakan kekuatan Rokudo Rinne (Six Paths of Reincarnation) milik Mukuro, yang antara lain adalah menciptakan ilusi dan memanggil binatang-binatang beracun, dan bersenjata andalan Trident yang juga adalah milik Mukuro. Jika ia dalam keadaan terpojok saat bertarung, Mukuro mengambil alih tubuhnya dan bertarung menggantikannya.


Kokuyo Gang

Grup yang diciptakan dan dipimpin oleh Mukuro yang anggotanya terdiri dari kriminal-kriminal mafia. Grup ini diciptakan tidak lama setelah Mukuro mengambil alih SMP Kokuyo, dengan ambisi menghancurkan mafia dan menyebabkan perang dunia. Anggota-anggotanya antara lain adalah, Joshima Ken, Kakimoto Chikusa, Lancia, M.M, Birds, dan Bloody Twins. Setelah mereka dikalahkan, seluruh anggota Kokuyo ditahan oleh Vendicare, kecuali Ken dan Chikusa yang berhasil lolos berkat bantuan Mukuro yang membiarkan dirinya sendiri untuk ditangkap dan sebagai gantinya menjadi Mist Guardian Tsuna. Sementara Mukuro dipenjara, Chrome Dokuro, gadis yang menjadi wadah bagi Mukuro bergabung dengan Kokuyo, yang kemudian disusul oleh Flan, pencipta ilusi yang menjadi murid Mukuro.

Cavallone Family 

Dino, pemimpin keluarga Cavallone yang tidak bisa bekerja dengan benar tanpa ada anak buahnya. Senjata yang digunakannya adalah Cambuk dan kura-kura yang dapat membesar jika terkena air. Ia bertipe Sky. Ia juga yang melatih Hibari. Ia termasuk anggota yang menjadi team Reborn dalam masalah Arcobaleno.

Varia

Pasukan pembunuh khusus Vongola yang dipimpin oleh anak angkat angkat Vongola IX, Xanxus(Sky), yang bertujuan menduduki posisi pemimpin Vongola kesepuluh. Bersama dengan anak buahnya, mereka menyatakan perang pada keluarga Tsuna yang berujung dengan konflik cincin (Ring Conflict), sebuah turnamen dimana masing-masing pihak harus saling memperebutkan cincin yang mereka miliki yang berelemen sama, dengan pihak yang memiliki cincin yang lebih banyak menjadi kandidat keluarga Vongola kesepuluh yang resmi. Anggota-anggota Varia antara lain adalah, Superbia Squalo(Rain), Lussuria(Sun), Leviathan(lightning), Belphegor(Strom), Mammon(mist), dan Gola Mosca(Cloud). Setelah kalah dalam konflik cincin Vongola oleh Tsuna dan keluarganya, Varia kembali ke Itali dan dihukum. Dalam pertarungan cincin Cloud, Gola Mosca dihancurkan oleh Tsuna dan tidak memiliki pengganti. Di masa depan, Mammon meninggal dalam serangan oleh Millefiore dan posisinya digantikan oleh Flan.

Millefiore

Saingan terbesar keluarga Vongola pada masa sepuluh tahun mendatang. Keluarga ini merupakan gabungan dari dua keluarga Mafia, keluarga Gesso yang dipimpin Byakuran (Sky), dan keluarga Giglionero yang dipimpin oleh Uni. Setelah kedua keluarga ini bergabung, Byakuran menjadi pemimpin utama sementara Yuni menjadi pemimpin kedua. Keluarga Millefiore terdiri dari dua pasukan, White Spell yang sebagian besar terdiri dari anggota-anggota keluarga Gesso dan Black Spell yang sebagian besar terdiri dari anggota-anggota keluarga Giglionero. Millefiore memiliki salah satu dari tiga set cincin Tri-ni-set, yaitu cincin Mare. Dalam Millefiore, terdapat pasukan khusus yang bekerja langsung dibawah Byakuran yang disebut Real Rokuchouka (Real Six Funeral Wreaths), yang beranggotakan Kikyo(Cloud), Torikabuto(Mist), Zakuro(Strom), Daisy(Sun), Bluebell(rain), dan Ghost( Lightning). Byakuran, pemimpin Millefiore berambisi untuk mendapatkan seluruh cincin Vongola dan pacifier Arcobaleno untuk menguasai Tri-ni-set dan menguasai seluruh dunia ruang dan waktu dengan kemampuannya yang mampu berkomunikasi dengan dirinya di dunia paralel lainnya. Setelah Byakuran pada masa depan dikalahkan, Byakuran bersama dengan Real Rokuchouka pada masa kini (kecuali Ghost) berpihak pada Vongola, dan menjadi representatif Yuni dalam pertarungan royal representatif Arcobaleno.

Daemon Spade

Mist Guardian Vongola dan satu-satunya orang yang mendominasi posisi Guardian selama dua generasi (Vongola Primo dan Secondo). Daemon adalah Mist Guardian Vongola pertama, Giotto, yang berkhianat dengan mengatur jebakan pada pemimpin keluarga Shimon pertama yang juga merupakan teman dekat Giotto, Shimon Cozart. Ia juga memaksa Giotto untuk turun dari posisinya sebagai pemimpin Vongola karena dia menilainya tidak lagi pantas menjadi pemimpin Vongola dengan sifatnya yang dalam pandangan Daemon terlalu lembut. Beda dengan Guardian Giotto lainnya, Daemon terobsesi dengan kekuatan dan kekuasaan dan beranggapan bahwa dalam mafia, kekuatan dan kerakusan adalah hal yang absolut. Sebagai Mist Guardian pertama, Daemon merupakan pencipta ilusi yang kuat sekaligus berbahaya dengan kekuatannya yang sudah jauh di atas kekuatan manusia dan bahkan disebut monster. Dalam pertarungan terkahir di pulau Shimon, Tsuna berhasil megalahkan Daemon dan terungkaplah bahwa semua yang dilakukannya tidak lain adalah demi kekasihnya, Elena, yang meninggal dalam penyerangan markas Vongola karena Giotto membubarkan pasukannya. Hal ini memicu niat Daemon untuk menjadikan Vongola organisasi mafia terkuat. Setelah mendengar masa lalunya, Tsuna menenangkan Daemon, bahwa Elena tidak pernah menyalahkannya dan justru berterima kasih karena terus hidup tanpa melupakannya. Mendengar hal ini, Daemon akhirnya menerima Tsuna sebagai pemimpin Vongola dan mempercayakan Vongola di tangannya bersama keluarganya, dan meninggal dengan tenang.

Kalau ingin lebih jelasnya baiknya kalian membaca atau menonton. Ini anime kesukaan-ku. Semoga kalian juga suka, Hehehe,,,,,,,.  

1 komentar: